Senin, 22 Juni 2020 dilaksanakan sosialisasi di Ruang Rapat Dinas Pariwisata Gunungkidul dengan dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata, perwakilan jajaran Polres, TNI, Kepala Bidang Industri dan Kelembagaan, Kapanewon, Kelurahan, dan beberapa perwakilan UPT Puskesmas. Rapat dibuka oleh Kepala Seksi Objek dan Daya Tarik Wisata.

Kepala Dinas Pariwisata menyampaikan arahan terkait pentingnya physical distancing, menyangkut penerapan new normal di Bidang Pariwisata, penekanan terkait pembatasan pengunjung di kawasan wisata agar terhindar dari kerumunan, kawasan Pantai yang dibuka pantai  Baron dan Kukup dan hanya akan menerima wisatawan sebanyak 7000 orang/hari. Sedangkan untuk kawasan Kalisuci hanya akan menerima pengunjung sebanyak 100 orang/hari .  Sementara itu, Nglanggeran masih mempertimbangkan berapa jumlah pengunjung yang akan diterima setiap harinya. Beliau juga menambahkan harapan kepada Kelurahan untuk dapat ikut membantu menjaga pos retribusi. Kawasan destinasi yang melaksanakan uji coba akan dibuka dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.

Dalam sosialisasi tersebut banyak sekali masukan dan pertanyaan yang diberikan. Perwakilan UPT puskesmas menyatakan bahwa belum mempunyai gambaran sama sekali apabila kedepannya ada pengunjung yang positif Covid-19. Sementara dari jajaran Polres menambahkan bahwa masih diterapkannya peraturan dimana pelarangan masyarakat untuk berkerumun ditempat terbuka. Dari beberapa pelaku wisata yang hadir bertanya bagaimana jika timbul rasa iri dari kawasan destinasi yang tidak dijadikan tempat uji coba penerapan new normal. Kepala Dinas menambahkan bahwa jika uji coba ini berhasil dilaksanakan tidak menutup kemungkinan seluruh destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul dapat sama-sama dibuka dan menerima wisatawan dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan serta physical distancing sesuai anjuran pemerintah.



23-06-2020 Dibaca 49 Kali