Bertempat di Amphitheater Embung Nglanggeran, Sekda Kabupaten Gunungkidul Bapak Ir. Drajad Ruswandono, MT, didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Ibu Ir. Asti Wijayanti, M.A. menyerahkan penghargaan kepada para pemenang Lomba Desa Wisata dan Lomba Pokdarwis Se-Kabupaten Gunungkidul tahun 2020. Penyerahan penghargaan tersebut sekaligus menjadi pembuka acara pada malam Gunungkidul Tourism Festival tahun 2020.

Lomba Desa Wisata dan Kelompok Sadar Wisata se Kabupaten Gunungkidul tahun 2020 dilaksanakan pada tanggal 24 -27 Februari 2020 untuk Desa Wisata dan  2 – 4 Maret 2020 untuk Lomba Pokdarwis. Kegiatan lomba tersebut diikuti oleh 6 desa wisata dan 6 Pokdarwis. Tujuan kegiatan ini bertujuan untuk memicu semangat pelaku pariwisata, bahan evaluasi bagi desa wisata dan pokdarwis peserta lomba dan juga menjadi ajang untuk menggali lebih dalam potensi desa wisata dan pokdarwis di Kabupaten Gunungkidul. 

Guna mendapatkan hasil yang obyektif, juri Lomba dipilih dari berbagai tokoh dan pegiat kepariwisatan di Kabupaten Gunungkidul, berjumlah total 12 Juri. Hasil evaluasi dari tim yuri menghasilkan pemenang sebagai berikut:

Lomba Desa Wisata;

  1. Juara I Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu.
  2. Juara II Desa Bleberan, Kecamatan Playen.
  3. Juara III Desa Wisata Pampang, Kecamatan Paliyan.
  4. Juara Harapan I Desa Wisata Putat, Kecamatan Pathuk.
  5. Juara Harapan II Desa Wisata Ngalang, Kecamatan Gedangsari.
  6. Juara Harapan III Desa Wisata Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari.

Lomba Pokdarwis;

  1. Juara I Pokdarwis Oase Gunungsewu Kemuning, Bunder, Kecamatan Pathuk.
  2. Juara II Pokdarwis Gunung Ireng, Pengkok, Kecamatan Patuk.
  3. Juara III Pokdarwis Watu Kodok, Kemadang, Kecamatan Tanjungsari.
  4. Juara Harapan I Pokdarwis Alap-alap, Kampung, Kecamatan Ngawen.
  5. Juara Harapan II Pokdarwis Jurug Gedhe, Ngoro-oro, Patuk.
  6. Juara Harapan III Pokdarwis Nogosoro, Candirejo, Kecamatan Semin.

Juara 1 (satu) hingga 3 (tiga)  Lomba Pokdarwis Maupun Desa Wisata, akan mewakili Kabupaten Gunungkidul dalam Lomba Pokdarwis dan Desa Wisata Se-DIY 2020.



11-03-2020 Dibaca 233 Kali