Untuk menambah dan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang ecoprint dan shibori , peserta pelatihan diajak mengunjungi Kampung Hasta Karya di Semarang jawa Tengah pada tanggal 20 Februari 2020. Kunjungan lapangan ini merupakan rangkaian dari pembinaan usaha ekonomi kreatif sub sektor kriya yang dilaksanakan pada tanggal 18 – 19 Februari 2020. Kampung Hasta Karya merupakan perkampungan dalam satu wilayah RW ( Rukun Warga ) yang masyarakatnya berswadaya menghasilkan barang – barang handicraft ( kerajinan ) seperti ecoprint, makrame, rajut dan sulam pita.

Ibu – ibu didaerah ini menyisihkan waktu diantara kesibukan keseharian sebagai ibu rumah tangga untuk menghasilkan kreatifitas, sesuai dengan minat masing – masing. Berawal dari hobi dan keseriusan , saat ini kampung ini dikenal dengan penghasil ecoprint dan kerajinan lain yang sudah dikenal di berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara. Hasil kreatifitas mereka sudah banyak diikutkan dalam pameran – pameran dan dikenal luas di masyarakat. Dengan bekembangnya media sosial saat ini  juga turut membantu dalam proses promosi produk.

Peserta pembinaan diajak melihat secara langsung bagaimana warga di Kampung Hasta Karya ini berkreasi dan berproses dalam menghasilkan produk kerajinan yang bernilai jual. Dengan adanya kunjungan ini diharapkan akan membuka wawasan baru dan menimbulkan rasa kreatifitas peserta untuk berinovasi menciptakan produk kreatifitas baru.  Sehingga kedepan tidak hanya menjadi sebuah hobi, jika ditekuni secara serius bisa menjadi hasil karya yang bernilai jual pula. Ilmu pengetahuan yang didapatkan peserta selama pembinaan juga diharapkan dapat ditularkan kepada masyarakat disekitar tempat tinggal mereka.

 



21-02-2020 Dibaca 79 Kali