Setelah melalui proses panjang rangkaian pemilihan Dimas Diajeng 2019 , Sabtu 28 September 2019 tiba pada  acara puncak yaitu Grand Final dan Penobatan Dimas Diajeng terpilih. Bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR ) Siyono digelar acara malam penobatan Dimas Diajeng 2019. Acara dibuka tepat pukul 19.00 WIB dan dihadiri oleh Bupati Gunungkidul Hj. Badingah S.Sos.

Opening Dance (tarian pembuka) dipersembahkan dengan apik oleh seluruh finalis Dimas Diajeng kepada para hadirin. Hadir pula  jajaran Forkompimda Gunungkidul, Kepala OPD, Duta wisata dari berbagai daerah, dan Putri Indonesia perwakilan Jogja. Dari 30 finalis yang terdiri dari 15 Dimas dan 15 Diajeng dipilihlah top 5 Dimas dan 5 Diajeng selanjutnya diberikan pertanyaan tentang pariwisata, kebudayaan, sosial budaya dan pengetahuan popular yang dipilih secara acak oleh dewan juri dengan batasan waktu 30 detik. Pertanyaan seputar Gunungkidul ini untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan pemahan mereka mengenai daerah tinggalnya.

 Setelah penobatan,  Dimas Diajeng terpilih akan menjadi duta wisata yang ikut mempromosikan pariwisata di Gunungkidul dan juga diharapkan dapat menjadi wakil generasi muda untuk ikut berkontribusi memajukan wilayah Gunungkidul. Selain itu tugas dan fungsinya adalah menjaga nilai budaya asli daerah sebagai identitas daerah Gunungkidul agar tidak tergerus oleh modernisasi dan kemudian semangat itu ditularkan kepada generasi muda atau yang belakangan ini lebih dikenal dengan generasi milenial

 



01-10-2019 Dibaca 41 Kali