Willows in morning fog
Willows in morning fog

Mekanisme perencanaan di Kabupaten Gunungkidul memberikan peluang bagi desa-desa yang akan mengembangkan pariwisata melalui usulan Pagu Indikatif Sektoral, berupa usulan kecamatan yang harus dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul. Gunungkidul. Salah satu desa yang memanfaatkan peluang tersebut adalah Desa Ngawis, Kecamatan Karangmojo yang mengusulkan Pembinaan Desa Wisata.

Pembinaan desa wisata di Ngawis diharapkan dapat memberikan gambaran pengembangan pariwisata Ngawis yang berada di jalur menuju Goa Pindul. Adapun potensi yang dimiliki berupa pemandangan alam pedesaan, wisata religi dan ritual di Branjang, alur sungai oya dan Goa longop serta kuliner khas pedesaan. Masyarakat Ngawis berharap potensi tersebut  dapat dikembangkan untuk dapat menjadi sumber pendapatan, penyerapan tenaga kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pembinaan dilaksanakan pada Hari Senin dan Selasa , 9-10 September 2019 di Balai Desa Ngawis, yang diisi ceramah penyampaian materi terkait kebijakan pariwisata, pengembangan wisata pedesaan dan homestay. Adapun narasumber untuk kegiatan tersebut, selain dari Dinas Pariwisata Gunungkidul, juga menghadirkan akademisi dan STIE API Yogyakarta, Forkom Desa Wisata DIY, Forkom Desa Wisata Gunungkidul dan Pemilik homestay  berprestasi di DIY. Pada Hari Jumat, 13 September 2019  peserta juga diajak untuk melihat praktek pengembangan pariwisata pedesaan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.



18-09-2019 Dibaca 33 Kali