Sebagai   tindak lanjut rapat pembahasan laporan pendahuluan (LAPDAL) dan rencana mutu kontrak (RMK) kegiatan penyusunan dokumen AMDAL kawasan desa wisata Bleberan, Dinas Pariwisata bersama PT. Tatwa Jagatnata Konsultan kembali mengadakan rapat dengan melibatkanmasyarakat sekitar. Agenda rapat yang dilaksanakanpadahariKamis, 12 September 2019 dibuka oleh Kepala Desa Bleberan.

Bertempat di Aula Kantor Desa Bleberan, rapat dihadiri kurang lebih 50 orang. Terdiri atas Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul  yang diwakili oleh Sekretaris  Dinas serta Kepala Bidang dan Kepala Seksi terkait, PT. Tatwa Jagatnata Konsultan, Forkompincam Kecamatan Playen, perangkat DesaBleberan, Pemerhati Cagar Budaya, dan masyarakat sekitar yang terdampak langsung maupun tidak langsung atas adanya kajian analisis dampak lingkungan (AMDAL) yang akan dikerjakan.

Beberapa  saran dan masukan dari warga dan beberapa instansi, diantaranya untuk benar-benar diperhatikan dan dikaji terkait dampak positif dan dampak negatif yang akan  terjadi di Desa Bleberan dengan berkembangnya pariwisata di desa tersebut. Kemudian pembentukan komisi penilai dokumen kajian AMDAL yang terdiri atas warga sekitar yang ditunjuk langsung oleh Kepala Desa Bleberan saat rapat berlangsung. Diharapkan adanya dokumen kajian AMDAL dapat memetakan sesuai data di lapangan pada kawasan desa wisata Bleberan, khususnya Dusun Menggoran I dan II.



13-09-2019 Dibaca 61 Kali