Ribuan peserta mengikuti lomba lari bertajuk Baron 10K 2019 di kawasan Pantai Baron, Gunungkidul, Minggu pagi 8 September 2019. Peserta dilepas langsung oleh Bupati Gunungkidul Badingah. Menurut Bupati, event ini merupakan event tahunan dalam rangka mencetak atlet lari Gunungkidul dan sekaligus untuk memperkenalkan pariwisata Gunungkidul. “Acara ini sangat penting untuk pembibitan atlet daerah. Di samping itu, ini juga bisa mendorong pengembangan pariwisata di Gunungkidul dan bisa mendukung lama tinggal wisatawan,” ujar Badingah.

Lebih lanjut Bupati mengatakan saat ini Pemkab Gunungkidul sedang membangan dan memoles sejumlah destinasi wisata. Maka dari itu, sejumlah tempat wisata tersebut harus diperkenalkan kepada masyarakat luar. “Cara mengenalkan pariwisata Gunungkidul salah satunya dengan menggelar acara seperti Baron 10K ini. Karena lomba ini banyak diikuti para atlet luar daerah.

Pada acara ini dihadiri oleh Bupati, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah serta Kepala OPD lingkup Kabupaten Gunungkidul. Hadir pula Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB) Indah Juanita. Dalam Kesempatan ini beliau mengatakan mendukung acara Baron 10K. Sport Tourism harus harus digalakan karena hal ini merupakan cara promosi yang cukup efektif.

Acara ini setidaknya diikuti 3.100 pelari. Selain diikuti ribuan atlet dari Gunungkidul, lomba ini juga diikuti atlet dari luar daerah seperti Jogja, Solo, Cianjur, Salatiga, Pacitan, Magelang, dan daerah lain. Bahkan, sejumlah atlet nasional juga ikut dalam acara ini.



09-09-2019 Dibaca 99 Kali