Untuk melestarikan budaya dan tradisi, warga  desa Pengkol Kecamatan  Nglipar menggelar Jamasan dan Kirab  Pusaka.Acara yang berlangsung di rumah budaya milik Bapak Wagino Joko Nalendro ini dihadiri Wakil Bupati Gunungkidul,Dr. Drs. H. Immawan Wahyudi, MH , Ketua DPRD Sementara Endah Subekti Kuntariningsih, Kapala Dinas kebudayaan Kabupaten Gunungkidul , Dinas Pariwisata, OPD terkait, sejumlah abdi dalem Kraton Yogyakarta dan tamu undangan dari beberapa daerah. Muryanto, S. Sos selaku ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan sejak tahun 2010 yang diawali dengan kegiatan ritual  kenduri selamatan dan tirakatan yang diikuti oleh masyarakat sekitar pada malam 1 Suro atau Sabtu malam tanggal 31 Agustus 2019 dan pada siang harinya tanggal 1 September 2019 dilaksanakan Kuras Gentong yang airnya  diambil dari 7 (tujuh) sumber mata air yang berasal  dari Jawa Timur , Jawa Tengah dan Jawa Barat.

                Pada kegiatan ini juga diserahkan santunan kepada yatim piatu se Desa Pengkol yang secara simbolis diserahkan oleh  Wakil Bupati Gunungkidul. Dalam sambutannya Wakil Bupati menyampaikan terima kasih kepada pihak- pihak yang telah membantu dan memberikan santunan kepada yatim piatu serta mendukung kegiatan ini .Kagiatan yang  membawa banyak manfaat bagi masyarakat  seperti Jamasan dan Kuras Gentong dapat  terus dilaksanakan sebagai upaya untuk melestarikan budaya dan tradisi.

                Sebagai puncak acara digelar Kirab Pusaka yang dilepas oleh Wakil Bupati Gunungkidul, didampingi sejumlah undangan. Kirab  diawali penyerahan Tombak Korowelang dari balai desa Pengkol yang diarak oleh Kades dan perangkat Desa Pengkol dan diserahkan untuk dijamas.Kemudian dilaksanakan Kirab Pusaka yang terdiri dari Tombak Koro Welang dan Payung Agung serta beberapa Pusaka masyarakat yang dititipkan untuk dibersihkan/dijamas tersebut diarak keliling diiringi Bergodo Lombok Abang.



06-09-2019 Dibaca 92 Kali