Dalam rangka kegiatan Evaluasi Penerapan Rencana Pengelolaan SDALH sektor pariwisata, Tim dari Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa Tahun 2019 berkunjung ke Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul pada hari, selasa 06/08/2019 untuk mengumpulkan berbagai data pendukung.

Dalam kunjungan tersebut tim Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa disambut langsung oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, A. Hary Sukmono, ST dan Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata, Supartono, ST, MT. Dalam kesempatan tersebut disampaiakan tujuan dan sasaran dari Dinas Pariwisata, program dan kegiatan yang disusun dalam rangka memenuhi misi RIPARDA dalam empat (4) indikator yaitu: Destinasi Pariwisata, Pemasaran Pariwisata, Industri Pariwisata, Kelembagaan Pariwisata. Dijelaskan pula sejauh mana program dan kegiatan tersebut yang sudah diterapkan serta seberapa besar capaian target realisasi pada masing-masing 4 (empat) indikator tersebut selama ini. Dalam Pertemuan itu disampaikan pula beberapa bentuk program Dinas Pariwisata yang mendukung pengelolaan lingkungan diantaranya di tahun ini Dinas Pariwisata sudah menyusun AMDAL untuk dibeberapa lokasi kawasan wisata, menyusun UKL/UPL destinasi wisata, dan disetiap pembinaan yang dilakukan kepada pokdarwis ataupun pelaku usaha wisata selalu menekankan sapta pesona salah satu unsurnya adalah menjaga kebersihan, disampaikan pula Kabupaten Gunungkidul merupakan kawasan Geopark Gunungsewu yang salah satu pilarnya adalah konservasi, serta ada objek destinasi wisata yang dikelola Dinas Pariwisata sudah mendapat penghargaan baik nasional maupun internasional dalam pengelolaan lingkungan

Dengan diadakannya pertemuan tersebut diharapkan data dari Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul ini dapat dijadikan bahan pendukung sebagai Laporan Kinerja atau Laporan Kegiatan oleh Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.



08-08-2019 Dibaca 72 Kali