Kamis - Jum’at, 1 dan 2 Agustus 2019 Dinas Pariwisata mengadakan pelatihan Desa Wisata melalui Program PIWK di Desa Beji, Ngawen. Pembinaan bertujuan mengoptimalkan tata kelola kelembagaan dan pemetaan potensi daya tarik di desa wisata. Desa Beji sendiri memiliki potensi alam berupa Hutan Adat Wonosadi dan Gunung Gambar. Selain kaya akan potensi alam, Desa Beji juga kaya akan beraneka ragam kesenian adat serta kuliner tradisional.

Kepala Seksi Kelembagaan Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Sudjarwono dalam sambutannya menyampaikan bahwa masyarakat sekitar Desa Beji merupakan Marketing dan Touris Information Center dalam setiap kegiatan pariwisata yang dilaksanakan di Desa Beji.

“Kami berharap, dengan diadakan pembinaan para pelaku wisata di Beji khususnya dapat mengelola potensi yang dimiliki dengan baik.” ucapnya.

Seluruh stakeholder desa wisata harus mampu memberdayakan seluruh komponen/elemen desa wisata untuk menciptakan produk barang/jasa yang bernilai ekonomi tinggi. Agar dapat bersaing dengan Desa Wisata lain, maka produk yang diciptakan haruslah unik dengan tetap mengedepankan kearifan lokal.

Pada hari Jum’at 9 Agustus 2019 nantinya para peserta akan diajak untuk mengunjungi Desa Wisata Candirejo Magelang untuk melakukan orientasi lapangan tentang pengelolaan Desa Wisata disana. Selain itu para peserta akan mengunjungi Balkondes atau Balai Ekonomi Desa. Balkondes merupakan sebuah program bentukan BUMN yang akan dimanfaatkan sebagai sebuah etalase bagi perekonomian daerah. Diharapkan para peserta menjadi lebih memahami dengan melihat langsung pengelolaan Desa Wisata  Candirejo.



05-08-2019 Dibaca 105 Kali