Pelaksanaan event tahunan Geopark Night Specta 4.0 telah dilaksanakan dengan sukses. Jum’at 19 Juli 2019 pukul 16.00 WIB bertempat di Amphiteathre ( panggung terbuka ) Nglanggeran , bintang tamu , pemain orkestra dan panitia melakukan rehearsal terakhir dilokasi untuk menyiapkan pertunjukan yang sempurna dan spektakuler. Perbedaan event ini dengan yang lain atau sebelumnya adalah pada kesempatan ini ada acara pemberian penghargaan kepada pengelola geosite yang sudah memberikan kinerja terbaik sesuai dengan 3 pilar Geopark. Hal ini sejalan dengan ide awal bahwa Geopark Night Specta merupakan perayaan terhadap penetapan Geopark Gunungsewu menjadi anggota Jaringan Geopark dari Unesco.

Malam mulai menjelang dan pengunjungpun mulai memadati panggung terbuka yang baru selesai dibangun ini, mereka datang khusus dari dalam maupun luar Gunungkidul untuk menyaksikan artis idola dan menjadi saksi kemeriahan acara GNS 4.0. Lokasi yang berdekatan dengan tempat wisata Embung Nglanggeran juga dimanfaatkan oleh pengunjung untuk memanjakan mata menikmati senja. Acara dimulai tepat pukul 19.00 WIB dengan dihadiri oleh Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos, Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Paduka Pakualam X , Forum Komunikasi Pemimpin Daerah (Forkompimda) DIY dan Gunungkidul, General Manager Gunung Sewu Unesco Global Geopark yang sekaligus ketua Jaringan Geopark Indonesia Ir. Budi Matono serta tamu undangan dari daerah lain yaitu  Pacitan dan Wonogiri.

Bupati Gunungkidul membuka acara dengan memberikan sambutan dan ucapan selamat kepada penerima penghargaan, dilanjutkan dengan sambutan dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang pada kesempatan ini diwakili oleh Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Pakualam X. Dalam isi sambutannya Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengharapkan acara dapat berjalan dengan lancar dan Gunung Sewu Global Geopark dapat berkontribsui terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar.

Puncak acara berupa pagelaran orkestra dengan lagu – lagu hits yang telah di aransemen ulang, sehingga menyuguhkan pertunjukan yang spektakuler. Pagelaran dibuka dengan penampilan dari artis Nanda Candra penyanyi sekaligus violinis (pemain biola), dilanjutkan dengan pertunjukan dari Gaseng vokalis OMWAWES band yang membawakan 3 lagu hits andalannya. Panggung specta mulai bergelora dengan suara Nufi Wardhana yang membawakan lagu Tanah Airku, atmosfer rasa cinta tanah Indonesia mulai terasa. Malam Specta ditutup dengan penampilan dari Erix Soekami ( vokalis band Endank Soekamtiyang membawakan lagu hits Endank Soekamti. Sampai jumpa di Geopark Night Specta 5.0 ( GNS 5.0) .

 



23-07-2019 Dibaca 60 Kali