Untuk kedua kalinya rapat koordinasi Dinas Pariwisata Gunungkidul melalui Bidang Pengembangan Destinasi Wisata mengadakan rapat teknis persiapan lomba perahu dayung di obyek wisata Klayar. Rapat dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul beserta jajaran, anggota PODSI Gunungkidul,  Dishub Gunungkidul, Satpol PP Gunungkidul, Polsek Nglipar, Koramil Nglipar, Camat Nglipar, Kepala Desa Kedungpoh, serta Pokdarwis Klayar.

Berbagai arahan dan masukan datang dari masing-masing instansi yang datang. Diantaranya ialah PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) Cabang Gunungkidul, agar keselamatan peserta diutamakan, mengingat lomba perahu dayung dengan 3 peserta ini sangat langka. Di Pulau Jawa hanya ada di Gunungkidul, sedangkan di luar Pulau Jawa hanya ada di Kalimantan. Karena 3 orang akan sulit untuk menyeimbangkan, terutama saat berbelok, sehingga rawan untuk tercebur ke sungai. Dibutuhkan setidaknya 8 orang yang terjun di air, dengan plot 2 orang di garis start, 2 orang di lintasan, dan 4 orang di garis finish untuk membantu menghentikan laju perahu.

Himbauan dari Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja agar disediakan lahan parkir yang memadai dan terpisah, antara tamu VIP, penonton, serta peserta lomba. Penataan PKL juga perlu dipikirkan agar tidak menghalangi pandangan untuk menyaksikan lomba, serta agar tidak mengganggu arus lalu lintas. Selain itu, kendaraan kesehatan juga harus disediakan akses terdekat menuju arena lomba serta akses termudah menjangkau jalan utama agar memudahkan proses evakuasi nantinya.



04-07-2019 Dibaca 118 Kali