Kamis, 20 Juni 2019 berlokasi di The Mulyo Homestay diadakan uji kompeteni sertifikasi profesi food processing. Kegiatan ini merupakan sesi final dari pelatihan kompetensi dan sertifikasi profesi food processing tanggal 17-20 Juni 2019. Peserta terdiri dari 20 pelaku usaha jasa makanan dan minuman.

Pada hari pertama pelatihan peserta diajarkan tentang teori keamanan dan keselamatan kerja dibagian dapur, seperti peralatan dan kelengkapan keamanan diri. Pada hari kedua pelatihan peserta diajak untuk praktek mengolah menu dessert atau makanan penutup berupa donat dan pie buah. Kemudian, pada hari terakhir pelatihan peserta diajak mempraktekkan pengolahan menu mulai dari makanan pembuka, soup, makanan utama, dan makanan penutup.

Setelah diberikan pelatihan food processing, pada sesi final peserta diuji baik pengetahuan teori maupun praktek proses pengolahan makanan. Tim penguji berasal dari LSP Wiyata Nusantara terdiri dari 3 cheff dan 1 manager sertifikasi bapak Fajar. Hasi akhir uji kompetensi food processing, semua peserta sejumlah 20 orang dinyatakan lulus dan berkompeten dalam bidang pengolahan makanan. Tim penguji juga berpesan kepada peserta untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang pengolahan makanan, agar jasa usaha makanan dan minuman di Gunungkidul dapat berkembang menjadi lebih maju dan berdaya saing.



01-07-2019 Dibaca 138 Kali