Selasa, 25 Juni 2019 bertempat di pendopo obyek wisata Geosite Ngingrong diadakan silaturahmi bersama antara Dinas Pariwisata DIY , Dinas Pariwisata Gunungkidul dan wartawan dari berbagai media. Dalam jumpa pers ini selain silaturahmi, juga diadakan konferensi pers untuk event “Jogja Experience #2” yang akan diselenggarakan  pada 27 – 30 Juni 2019 di beberapa titik lokasi obyek wisata di Gunungkidul. Event ini terselenggara atas kerjasama Dinas Pariwisata DIY, Dinas Pariwisata Gunungkidul bersama dengan komunitas Jogja Land Rover Comunity ( JLRC ).  Rangkaian kegiatan touring yang menggunakan mobil Land Rover yang berasal dari Jogja, Tasikmalaya,  Pekanbaru, Kalimantan, Malaysia dan Singapore ini akan menyusuri wilayah Gunungkidul dan di beberapa obyek wisata andalan di Gunungkidul. Obyek – obyek wisata yang akan dilalui meliputi : Gunung Api Purba Nglanggeran, Desa Wisata Bobung , perjalanan menyusuri sungai oyo, Embung Bathara Sriten, Camping di Geosite Ngingrong, explore pasar digital Ngingrong, menyusuri pantai selatan, dan finish kemudian bermalam dengan camping di Pantai Jungwok.

Pada acara jumpa pers ini dihadiri oleh 27 wartawan dari berbagai media, hadir pula Kabid Pengembangan Destinasi Wisata (PDW ) Dinas Pariwisata DIY Aria Nugrahadi, M. Eng , Kabid Pemasaran dan Bina Usaha (PBU)  Yuni Hartini, S.P, M.Si serta turut hadir Wakil Bupati Gunungkidul Dr.Drs. H. Imawan Wahyudi M.H.. Dalam paparannya Kabid PDW Dispar DIY menyampaikan terselenggaranya event ini juga bagian dari realisasi program Kementrian Pariwisata tentang Nomadic Tourism yaitu wisata yang bersifat temporer, entah itu aksesnya ataupun amenitasnya. Wisata yang dapat berpindah pindah dari obyek satu ke obyek wisata yang lain yang sulit untuk diakses dengan kendaraan umum dan medan jalan yang tidak memungkinkan untuk dilalui, maka dari itu  tercetuslah istilah nomadic tourism dengan menggunakan amenitas dan akomodasi yang bisa dipindah – pindah seperti bermalam dengan cara camping. Melihat wilayah geografis Gunungkidul dengan keelokan alamnya yang tersembunyi di pelosok – pelosok Gunungkidul , kendaraan yang digunakanpun juga harus cocok dengan medan yang akan dilalui, salah satunya adalah jenis Land Rover. Karena dengan menggunakan Land Rover medan – medan yang tidak terjangkau oleh kendaraan pada umumnya tentu akan dapat dijangkau, dan tentunya keelokan bumi handayani siap untuk menyambutnya.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Gunungkidul Dr. Drs. Imawan Wahyudi, M.H menyampaikan respon positifnya , tentunya diharapkan dengan adanya event ini akan berdampak pada kemajuan pariwisata di Gunungkidul dan juga terjadi transaksi ekonomi selama adanya event ini. Beliau menyampaikan “ Pariwisata adalah industri tetapi disisi lain juga berhubungan dengan sosial , maka keduanya harus bersinergi. Harusnya semua komponen diuntungkan untuk hal – hal yang berhubungan langsung ataupun tidak langsung dengan pariwisata  seperti destinasi wisata, transportasi, EO, Hotel, Restoran, HPI, dan Dinas Pariwisata. Tentunya dengan harapan juga akan meningkatkan Length Of Stay yang saat ini Gunungkidul baru sampai pada angka 1,44 . “ Seperti yang disampaikan oleh ketua panitia Jogja Land Rover Comunity Samuel  bahwa peserta yang akan mengikuti event ini sebanyak 150 mobil yang berasal dari Jogja , luar Jogja serta negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.
 



25-06-2019 Dibaca 73 Kali