Pelatihan Kompetensi Profesi Food Processing memasuki hari ketiga atau hari terakhir jadwal pelatihan kompetensi. Setelah pada hari kedua para peserta diajarkan mengolah menu dessert atau menu makanan penutup, pada kesempatan ini peserta diajarkan mengolah menu hidangan pembuka, dan makanan utama. Hadir sebagai instruktur yaitu cheff Erwan Sakti selaku Sekretaris IFBEC (Indonesian Food and Beverage Executive Association).

Dalam istilah table manner atau tata cara urutan makanan yang dihidangkan terdiri dari Appetizer,  Main Course, dan Dessert, berikut ini pengertian dari urutan menu makanan tersebut yang disampaikan oleh Cheff Erwan dalam kesempatan pelatihan di The Mulyo:

  1. Appetizer adalah hidangan pembuka yang disajikan dengan porsi kecil, atau hidangan pembangkit selera makan/makanan pemula sebelum maincourse. Appetizer berfungsi merangsang nafsu makan sebelum hidangan utama dinikmati.
  2. Makanan utama (main course) adalah hidangan pokok dari suatu susunan menu lengkap yang dihidangkan pada waktu lunch (makan siang) maupun dinner (makan malam), ukuran porsinya lebih besar dari appetizer.
  3. Hidangan penutup (dessert) adalah hidangan yang disajikan setelah hidangan utama (main course) sebagai hidangan penutup atau biasa disebut dengan istilah pencuci mulut. Sajian dessert sering dinamakan The final course atau The last course dan berasa manis atau disebut sweet.

Kegiatan pelatihan hari terkahir ditutup dengan doa bersama, dan flashback singkat materi yang disampaikan dalam 3 hari pelatihan. Diharapkan pada hari Kamis, 20 Juni para peserta dapat lolos Uji Sertifikasi Kompetensi.



21-06-2019 Dibaca 168 Kali