Dalam rangka pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi Kegiatan yang didanai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pariwisata Tahun Anggaran 2018 dan Tahun Anggaran 2019. Kementerian Pariwisata melalui Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional II c.q Bidang Pengembangan Destinasi Area III (Jawa dan Kalimantan), pada tanggal 18- 19 Juni 2019 melaksanakan pemantauan dan evaluasi yang dimaksud.

Pada Hari Rabu tanggal 19 Juni 2019,  Tim Monitoring dan Evaluasi yang dipimpin oleh Ibu Darmilawati dan anggota tim Ega Yurizha didampingi tim dari Dinas Pariwisata Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan pemantauan dan evaluasi kegiatan DAK Pariwisata ke Kabupaten Gunungkidul. Adapun lokasi pembangunan yang bersumber melalui DAK Pariwisata adalah Area Parkir Kawasan Wisata Pantai Krakal, Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Tim Monev Kemenpar menyampaikan beberapa point penting, antara lain:

  1. Perlunya kejelasan batas-batas pekerjaan yang menggunakan DAK atau APB agar ketika dilaksanakannya monev, tim dapat mengetahui lokasi pekerjaan (DAK 2018)
  2. Apresiasi terhadap kualitas pekerjaan tahun 2018 terutama karena pelaksanaan pekerjaan sudah didampingi dan diawasi lanngung oleh TP4D Kejaksaan Negeri Gunungkidul dan BPK wilayah DIY
  3. Progress pelaksanaan pekerjaan 2019 yang bersumber dari DAK fisik Pariwisata agar selalu dilaporkan kepada pihak Kemenpar, baik itu berupa masalah maupun kendala, agar didapatkan solusi bersama.

Selain itu, Tim dari Kementerian Pariwisata beserta staff dari Dinas Pariwisata Gunungkidul melakukan peninjauan langsung ke lokasi dilaksanakannya kegiatan DAK. Yaitu Kawasan Wisata Pantai Krakal.

 



20-06-2019 Dibaca 147 Kali