Pada Hari Senin (17/06/2019), Kasi Industri Pariwisata, Bidang Industri dan Kelembagaan Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Ibu Nunuk Maryati, S.IP., M.SI. mewaliki Kepala Dinas Pariwisata membuat acara “Pelatihan dan Sertifikasi Food Processing Industri Rumah Makan” yang diselenggarakan di Ruang pertemuan The Mulyo Hotel, Duwet, Wonosari. Kegiatan ini bekerjasama dengan IFBEC (Indonesian Food and Beverage Executive Association) Yogyakarta dan LSP Wiyata Nusantara. IFBEC akan mengampu terkait pelatihan Food Processing dan LSP Wiyata Nusantara sebagai asesor dan penguji kompetensi profesi. Sedangkan, peserta diisi oleh 20 pelaku usaha jasa makanan dan minuman yang terdiri dari unsur Rumah Makan, Restoran, cafe, Jasa Boga Katering, dan Pusat Oleh-oleh.

Ibu Nunuk Maryati, S.IP., M.SI, dalam pembukaannya menjelaskan Pembangunan industri pariwisata harus direspon secara tepat dan efisien, kesesuaian program pengembangan kepariwisataan dan kondisi aktual dinamika kepariwisataan menjadi kunci keberhasilan dalam menyikapi permasalahan yang ada. Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul selaku pengampu dan pembina Industri Pariwisata melalui Bidang Industri dan Kelembagaan Pariwisata terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan Industri Pariwisata.

Ia menambahkan “Belum optimal pelayanan kepariwisataan khususnya penyediaan pelayananan prima industri pariwisata merupakan tantangan bersama bagi stakholder kepariwisataan di Kabupaten Gunungkidul”. Merespon hal tersebut, Dinas Pariwisata melalui Seksi Industri Pariwisata melakukan pelatihan sekaligus sertifikasi Food Processing bagi pelaku Industri Makan dan Minum yang dilaksanakan pada tanggal 17 – 20 Juni 2019.

Chef Wijonarko selaku Ketua IFBEC Yogyakarta, memberikan arahan terkait pelaksanaan kegiatan Pelatihan selama tiga hari kedepan, sekaligus mengingatkan bahwa pelatihan harus diikuti setiap sesinnya karena poin kehadiran menjadi pertimbangan untuk kelulusan peserta.

Pada hari pertama ini mengahdirkan narasumber  Chef Wijonarko selaku ketua IFBEC Yogyakarta dan Chef Erwan selaku sekretaris IFBEC Yogyakarta, dengan materi yang disampaikan terkait teori dalam komunikasi internal perusahaan dan kepada tamu, Keselamatan Kerja, dan Attitude profesi. Hal ini penting adanya untuk meningkatkan pemahaman terkait pelayanan bagi wisatawan.

Kegiataan ini akan dilaksanakan dalam 2 agenda, diawali dengan pelatihan food processing selama 3 hari (17-19 Juni 2019) dan ujian kompetensi food processing yang diselenggarakan pada tanggal 20 Juni 2019.



17-06-2019 Dibaca 197 Kali