Pengembangan sumber daya manusisa (SDM) pariwisata terus diupayakan Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul mengadakan kegiatan persiapan pelatihan dan sertifikasi Food Processing yang akan dilakukan pada tanggal 17-20 Juni 2019. Untuk mempersiapkan kegiatan tersebut, dinas Pariwisata mengadakan pertemuan persiapan yang dihadiri oleh Assesor dan instruktur yang berasal dari IFBEC DPC Yogyakarta, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Widya Nusantara yang telah terdaftar dalam BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Ketua IFBEC yang menyampaikan bahwa kebutuhan akan pelaku usaha pariwisata di Indonesia harus terus meningkatkan kepasitas dan kapabilitas. Beliau menyampaikan kapasitas dan kapabilitas pelaku industri pariwisata tidak kalah dengan kompetitor pariwisata di Asia dengan berbagai prestasi internasional, namun hal tersebut harus didukung dengan kualitas pelaku industri pariwisata di dalam negeri. Maka perlu diadakan peningkatan kualitas SDM seperti yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul.

Selanjutnya, Ibu Heny selaku pimpinan dari LSP Widya Nusantara, menyampaikan bahwa materi sertifikasi yang diujikan memiliki standar yang lebih tinggi dibanding standar Asia. Karena selama ini yang digunakan merupakan standar Australia.

Untuk teknis pelatihan dan sertifikasi, pada tanggal 17 Juni 2019 akan diberikan materi teori oleh instruktur IFBEC DPC Yogyakarta, dengan materi Skill, Knowladge dan Attitude sebagai profesi jasa kuliner, kemudian pada tanggal 18-19 Juni 2019 pelatihan pembuatan makanan, dan pada tanggal 20 Juni 2019 dilakukan uji kompetensi.. Pentingnya ketiga materi tersebut untuk memastikan bahwa kualitas dari jasa pelaku restoran/makan dan minum.

Acara tersebut sekaligus penandatangan kerjasama Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul dengan LSP Wiyata Nusantara dan IFBEC DPC Yogyakarta untuk kegiatan Pelatihan dan sertifikasi Food Processing. Kegiatan yang akan dilaksanakan di The Mulyo Homestay tersebut diharapkan mampu menjadi pemicu peningkatan kualitas daya saing industri pariwisata Kabupaten Gunungkidul.



13-06-2019 Dibaca 219 Kali