Dalam rangka pemantapan Dokumen Rancangan Peraturan Daerah tentang  Rencana Induk Pembanganan Pariwisata (Ripparda) Kabupaten Buton Tengah maka pada Rabu-Kamis 22-23/05/2019 Pemerintah Kabupaten Buton yang diwakili oleh Tim Penyusunan Ripparda melakukan kunjungan kerja ke Kab. Gunungkidul.

 

Bertempat di Dinas Pariwisata Kab. Gunungkidul pada Kamis 23/05/2019 rombongan di terima langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab. Gunungkidul Ir. Asti Wijayanti, MA, Sekretaris Dinas A.Hari Sukmono, ST,  Kabid. Pemasaran dan Bina Usaha Wisata Yuni Hartini, SP, M.Si dan Kasubbag. Perencanaan Supriyanta, S.Sos, MM. Dalam diskusi tersebut dihasilkan beberapa hal, yaitu :

  1. Pemerintah Kabupaten Buton Tengah sangat tertarik dengan visi Kabupaten Gunungkidul yang menjadikan pariwisata sebagai ujung ombak pembangunan di kabupaten Gunungkidul.
  2. Inti dalam Perda Riparda menekankan dalam membangun Pariwisata Kabupaten Gunungkidul dengan kolaborasi antar 4 pilar ruang lingkup Riparda itu sendiri yaitu (Industri Pariwisata, Destinasi Pariwisata, Pemasaran, Kelembagaan)
  3. Ruang Lingkup Riparda yang memuat tentang visi, misi, tujuan, sasaran, dan arah kebijakan strategi, indikasi program pembangunan Kepariwisataan tahun 2014-2025 sudah sesuai.
  4. Sharing perkembangan wisata antar dua wilaah tersebut dan peran opd lain dalam mendukung pengembangan pariwisata

 

Kegiatan itu diawali pada hari Rabu 22/05/2019 dilakukan kunjungan ke beberapa obyek wisata di antaranya Gunung Api Purba Nglanggeran, Kalisuci dan Pantai Sundak untuk melihat secara langsung mengenai rencana dan  Implementasi Pembangunan Pariwisata yang ada di Kab. Gunungkidul. Setelah Kunjungan tersebut Tim Penyusunan Ripparda berharap mendapatkan referensi yang tepat mengenai Ripparda Kab. Buton Tengah yang sesuai dengan situasi, kondisi dan karakteristik di daerahnya untuk kemajuan Pembangunan Kepariwisataan yang bermuara pada kemakmuran masyarakat di daerah setempat.



29-05-2019 Dibaca 110 Kali