Sabtu, (29/4/2019) bertempat di Ruang Rapat Geopark Gunungsewu, Paguyuban Dimas Diajeng Gunungkidul menyelenggarakan acara talkshow bertajuk “Peran Pemuda dalam Budaya dan Pariwisata Gunungkidul”. Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian dari ajang pemilihan Dimas Diajeng Gunungkidul, kegiatan tersebut rutin diselenggarakan 2 tahun sekali.

Kegiatan tersebut cukup mengundang antusiasme pemuda Gunungkidul, kurang lebih sekitar 30an peserta hadir memeriahkan kegiatan Talkshow Dimas Diajeng 2019. Kegiatan Talkshow tersebut menghadirkan narasumber dari Dinas Kebudayaan, Bapak Chairul Agus Mantara, S.IP., M.M dan Erlangga Singgih Anandito, S.Par., M.Arch dari Dinas Pariwisata. Kegiatan Talkshow tersebut di moderatori oleh Diajeng Yona. Para Narasumber, menyampaikan peran pemuda dalam perspektif kebudayaan dan pariwisata.

Pertanyaan keterkaitan budaya dan pariwisata yang disampaikan oleh Diajeng Yona, kepada narasumber Bapak Chairul Agus Mantara, S.IP, M.M, kemudian dijawab dengan menekankan bahwa pemuda harus kembali mencintai budaya Gunungkidul, sehingga kedepan dapat menjadi atraksi wisata dan menguatkan kepariwisataan, secara prinsip  bahwa kekuatan kebudayaan akan berkorelasi langsung kepada pariwisata gunungkidul, Bapak Chairul Agus Mantara, S.IP, M.M. mencontohkan bahwa kepariwisaatan yang terdapat di Nglanggeran sudah cukup maju, sehingga kehidupan sehari-hari sudah dapat dijadikan atraksi wisata.

Diskusi berlanjut dengan pertanyaan kepada Erlangga Singgih A, S.Par., M.Arch. pertanyaan terkait peran dan peluang pemuda untuk pariwisata Gunungkidul yang disampaikan oleh Diajeng Yona. Narasumber menyampaikan bahwa ada setidaknya  3 poin utama yang bisa di lakukan pemuda Gunungkidul untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan pariwisata. 3 poin itu antara lain; pertama menjadi motor dalam menggerakan pemuda dalam konsep pariwisata berbasis masyarakat; kedua menjadi generator dalam pengembangan produk lokal dan berdaya saing; ketiga mampu menjadi bagian dari aktor pemasaran Gunungkidul dengan mengikuti kegiatan Dimas Diajeng Gunungkidul.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kemauan pemuda untuk berpartisipasi dalam ajang Dimas Diajeng.



09-05-2019 Dibaca 165 Kali