Pada hari Selasa, 07 Mei 2019 diadakan kegiatan Sosialisasi Bantuan Gubernur DIY untuk Pengembangan Homestay di Kabupaten Gunungkidul, bertempat di kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan dari Dinas Pariwisata DIY, Pemerintah Daerah Desa Pacarejo, Pemerintah Daerah Desa Bejiharjo Ketua POKDARWIS Kalisuci dan Ketua POKDARWIS Dewabejo, serta 10 pemilik homestay dari Desa Pacarejo dan 10 pemilik homestay dari Desa Bejiharjo. Bantuan yang diberikan untuk pengembangan homestay tersebut terdiri dari pembangunan kamar mandi dan bangunan reservasi. Bantuan nilai yang diberikan untuk pembangunan kamar mandi masing-masing homestay sebesar Rp. 15.000.000, sedangkan nilai bantuan untuk bangunan resevasi sebesar Rp. 100.000.000/desa.

Bantuan yang diberikan, yakni berupa stimulan dan masih memerlukan swadaya lahan dari masyarakat khususnya para pemilik homestay. Untuk pembangunan kamar mandi diperlukan luasan lahan sebesar 2x2 m2, sedangkan untuk bangunan reservasi dibutuhkan lahan minimal 5x6 m2, dapat dibangun diatas tanah kas desa/tanah pemkab/tanah SG (Sultan Ground).

Pembangunan kamar mandi dengan menerapkan standar Internasional untuk penyandang disabilitas dan wisatawan mancanegara, serta satu bangungan reservasi untuk masing-masing desa, diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengunjung terutama wisatawan mancanegara. Pembangunan tersebut ditargetkan dapat selesai maksimal pada 10 Desember 2019.

 



09-05-2019 Dibaca 279 Kali