Tradisi Padusan memang sudah mendarah daging bagi masyarakat Jawa, khususnya Jawa Tengah dan DIY. Padusan sendiri dilakukan sehari sebelum masuk Bulan Ramadhan, dengan tujuan membersihkan diri dan hati agar dapat menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan dengan baik. Padusan biasanya dilakukan dengan mengunjungi sumber air kemudian mandi atau berendam di dalamnya.

Tak terkecuali di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Belasan pantai di Gunungkidul dipadati pengunjung untuk melakukan padusan sepanjang hari Minggu, 5 Mei 2019 kemarin. Mereka yang datang berasal dari berbagai daerah menggunakan kendaraan pribadi. Pantauan dari beberapa pos retribusi, mereka datang mengendarai roda dua dan roda empat. Sangat sedikit bus yang terlihat di kawasan pantai. Ribuan pengunjung memadati kawasan Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Drini, dan beberapa pantai lainnya. Terlihat peningkatan jumlah wisatawan yang cukup signifikan dibandingkan hari-hari biasa.

Dengan cuaca cerah ditambah air laut yang sedang surut di sepanjang pantai selatan Gunungkidul, hal tersebut menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Mereka dapat berenang dan bermain air sepuasnya di tepi pantai bahkan ada yang menyewa kapal untuk pergi ke tengah laut. Meski demikian, petugas SAR di lokasi memperketat pengawasan dan memberikan peringatan kepada pengunjung untuk berhati-hati ketika bermain di air.



06-05-2019 Dibaca 259 Kali