Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul pada Sabtu 27/4/2019 menyelenggarakan event yang diberi tajuk "Gunungkidul Tourism Festival". Dan untuk yang pertama kalinya mengambil bertempat di Gunung Api Purba Nglanggeran. Event ini bertujuan untuk memamerkan serta mempromosikan semua potensi pariwisata seperti  destinasi wisata, budaya, kuliner, kerajinan dan berbagai macam komoditas seperti coklat kapada masyarakat dari dalam maupun luar negeri.

GTF  2019 dilaksanakan di Gunung Api Purba Nglanggeran dengan pertimbangan lokasi ini merupakan salah satu Geosite  Gunung Sewu UNESCO Global Geopark dan diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Acara yang diselenggarakan dengan mengabungkan antara konsep festival Kuliner, Kerajinan, Seni dan Budaya . Sebagai puncak acara GTF 2019 menyajikan tampilan musik jazz yang bertajuk Gunungsewu Jazz Festival.

Acara turut dimeriahkan dengan menampilkan kesenian tradisional seperti Tayub Kolosal Gunungkidul dan Tari Jathilan khas Gunungkidul. Tidak hanya itu, di acara GTF 2019 juga di gelar berbagai macam lomba guna menarik minat kaum milenial seperti lomba foto On the Spot dan lomba Video Pariwisata Gunungkidul.

Meski acara ini diselenggarakan  untuk yang pertama kalinya tetapi antusias masyarakat unruk menghadiri acara tersebut cukup baik, hal tersebut ditunjukan dengan ramainya masyarakat yang menghadiri acara GTF 2019.

Acara GTF ini juga mengajak masyarakat untuk menjadi "smart traveler" dengan memahami konsep "ecotourism, sustainability dan smart travelling activity" sebagai bentuk dukungan terhadap pariwisata yang berkelanjutan. Konsep ini diwujudkan dalam bentuk himbauan pada tamu undangan, pengunjung dan tenant untuk membawa tas belanja, botol minum, dan alat makan sendiri untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Panitia juga menyediakan air minum isi ulang sehingga menggurangi penggunaan air minum kemasan. Acara GTF 2019 juga menghadirkan para pengrajin barang – barang daur ulang seperti tas dari kemasan botol plastik, topi dari bekas kemasan detergen dll.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti berharap event ini dapat menjadi agenda tahunan dan menjadi lebih baik lagi untuk tahun selanjutnya.



02-05-2019 Dibaca 198 Kali