Selasa pagi hari, tepatnya tanggal 30 April 2019 di Gadean terlihat ramai oleh pengunjung. Berlokasi di Gunung Gentong, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul diselenggarakan Upacara Adat Nyadran. Acara ini merupakan agenda tahunan Desa Ngalang yang dilaksankan setiap hari Selasa Kliwon bulan April setiap tahunnya. Dihadiri oleh Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, acara ini dihadiri oleh ratusan pengunjung, baik penduduk lokal maupun wisatawan luar daerah.

Acara dibuka dengan pembacaan sejarah singkat diadakannya Nyadran di Gunung Gentong, dilanjutkan dengan sambutan Kepala Desa Ngalang, sambutan Kepala Bidang Pelestarian Warisan dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Ikrar Nyadran, pembacaan do’a di hadapan ambengan, diakhiri dengan pembagian ambengan yang disebut ngalap berkah. Ambengan sendiri merupakan sejumlah makanan yang ditata dengan rapi diatas wadah yang di alasi daun jati, yang terdiri dari ayam panggang utuh, nasi putih, pisang raja, umbi-umbian, kacang-kacangan, dan beberapa jenis buah.

Dalam sambutan Kepala Bidang Dinas Kebudayaan, beliau menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan nyadran karena turut melestarikan budaya dan tradisi, serta mengusung kearifan lokal desa Ngalang. Pembawa acara memandu acara menggunakan bahasa jawa krama inggil, dan berlokasi di sebelah pertapan (makam) yang diberi naungan dari daun kelapa. Selesai acara, pengunjung yang mengantri di dekat pertapan mendapatkan berkat (bungkusan makanan) yang dibuat dari daun kelapa muda dan berisi nasi, olahan ketan, umbi-umbian, ketupat, dan beberapa macam buah. Jika beruntung, mereka juga mendapat bagian dari ayam ingkung.



02-05-2019 Dibaca 209 Kali