Dinas Pariwisata Bidang Kelembagaan mengadakan sosialisasi masyarakat geopark pada Jum’at dan Sabtu 26-27 April 2019 di Pusat Tekhnologi Pertanian Geosite Nglanggeran . Acara dihadiri oleh anggota Forkom Pokdarwis seluruh Gunungkidul.

Pada hari pertama Forkom Pokdarwis mendapatkan paparan tentang geopark dan keterkaitannya dengan wisata berkelanjutan. Hadir sebagai narasumber Bp. Budi Martono selaku General Manager Gunungsewu UNESCO Global Geopark, dan Bp. Yitno Purwoko selaku dosen API Yogyakarta.

Geopark merupakan konsep manajemen suatu kawasan yang memiliki keberagaman geologi, keberagaman hayati, serta keberagaman budaya. Pengembangan  geopark berpilar pada 3 aspek, yaitu:

  1. Aspek Konservasi.
  2. Aspek Edukasi.
  3. Aspek pengembangan nilai  ekonomi lokal melalui kegiatan pariwisata.

Pada hari kedua, peserta diajak orientasi lapangan ke Geosite Kali Ngalang, Geosite Ngingrong, Taman BAtu Mulo, dan Pusat Informasi Geologi yang terletak di Pusat Informasi Pariwisata Patuk. Dengan mengikuti kegiatan sosialisasi dan orientasi lapangan geopark, diharapkan Forkom Pokdarwis dapat menjadi penggiat dalam mensosialisasikan tentang geopark dan pentingnya wisata berkelanjutan kepada masyarakat khususnya di wilayah Gunungkidul.



29-04-2019 Dibaca 296 Kali