Dalam rangka mengenalkan mahasiswa dalam menerapkan Ilmu Pengetahuan yang telah diperoleh di Kampus, maka dosen Politeknik “API” Yogyakarta mengadakan kunjungan ke Kantor Dinas Pariwisata Gunungkidul beserta mahasiswanya pada hari Rabu 24 /04/ 2019.

Kunjungan tersebut diterima oleh Kepala Bidang Industri Kelembagaan bapak Eli Martono, S.IP., M.PP., M.Eng, Kepala Bidang PDW bapak Supartono, ST, M.T, Kepala Seksi Promosi Bidang Pemasaran Purnomo Sumardamto, S.Hut, MA. M. Eng, dan Kasubbag Umum bapak Wakijan, SE. Pertemuan diawali dengan penyampaian materi oleh bapak Damto tentang 4 pilar pariwisata, yaitu:

  1. Pengembangan Destinasi Pariwisata
  2. Pengembangan Pemasaran Pariwisata
  3. Pengembangan Industri Pariwisata
  4. Pengembangan Kelembangaan Pariwisata

Untuk menentukan sebuah obyek itu bisa menjadi sebuah destinasi pariwisata diperlukan identifikasi destinasi, jika obyek tersebut sudah siap dengan persiapan yang matang kemudian Dinas Pariwisata melakukan promosi obyek tersebut dengan melakukan kerjasama industrii (pokdarwis) untuk mengelola obyek tersebut. Jadi keempat pilar tersebut bisa besinergi untuk saling mendukung sehingga pariwisata dapat berkembang dengan baik. bersama sehingga menghasilkan kesimpulan, diantaranya:

Dalam pertemuan tersebut juga dilakukan diskusi

  1. Banyak kendala dalam membangun industri pariwisata diantaranya sulit mengubah mindset masyarakat dari agraris  ke pariwisata, kurang siapnya masyarakat mengikuti tren dunia pariwisata, uforia pariwisata sehingga masyarakat ikut terjun langsung tanpa memikirkan dampaknya
  2. Dinas pariwisata memperdayakan masyarakat dimulai dengan membangun kesadaran masyarakat dengan pembinaan kepada para pelaku wisata agar pariwisata berkembang.
  3. Dinas pariwisata berharap semua pelaku wisata di daerah kabupaten Gunungkidul bersertifikat, karena dengan  memiliki sertifikat lebih menyakinkan para wisatawan,


25-04-2019 Dibaca 626 Kali