Kemajuan bidang Pariwisata di Kabupaten Gunungkidul semakin meningkat baru – baru ini, hal ini seiring dengan dijadikannya Pariwisata sebagai salah satu ujung tombak dalam visi Bupati yaitu "Mewujudkan Gunungkidul sebagai daerah tujuan wisata yang terkemuka dan berbudaya menuju masyarakat yang berdaya saing, maju, mandiri, dan sejahtera tahun 2021". Dengan tingkat kunjungan yang tinggi  dan semakin dikenalnya Gunungkidul oleh masyarakat luas maka Dinas Pariwistaa dituntut untuk mempersiapkan semua komponen pendukung dalam penerimaan wisatawan. Semua komponen yang meliputi aksesibilitas, amenitas dan atraksi harus disiapkan sebaik mungkin, agar wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul mendapatkan pelayanan yang baik, terekam dalam memori atas keindahan obyek wisata dan pelayanan yang baik tersebut sehingga kemudian timbul keinginan untuk datang kembali. Wisatawan yang mendapat kesan yang baik, akan kembali berkunjung atau biasa disebut dengan repeater. Mereka akan kembali ke obyek wisata yang mereka merasa nyaman untuk dijadikan tujuan wisata dalam agenda liburan.

Salah satu komponen amenitas yang didalamnya termasuk usaha jasa pariwisata seperti rumah makan, hotel, catering, shopping center ( pusat oleh – oleh ), dan souvenir juga sangat perlu untuk disiapkan mutu pelayanan mereka ketika menjamu wisatawan. Dinas Pariwisata melalui Bidang Pemasaran dan Bina Usaha menjalankan fungsinya dengan mengadakan pembinaan usaha ekonomi kreatif di beberapa wilayah di Gunungkidul. Pada tanggal 22 – 23 April 2019 diadakan pembinaan di wilayah Kecamatan Semanu. Peserta terdiri dari pelaku usaha dibidang rumah makan, penginapan, catering dan souvenir yang disiapkan dan diberikan pembinaan dalam melayani wisatawan yang berkunjung. Narasumber yang dihadirkan dan memberikan materi adalah orang – orang yang ahli dalam bidangnya yaitu, Chef (koki) restaurant yang membagikan ilmu tentang mengolah makanan sampai dengan penyajian, GM Hotel Cavinton di Jogja yang menyampaikan strategi pemasaran produk serta management,  kemudian manager hotel yang menyampaikan materi pelayanan ( hospitality ) kepada tamu.Adanya kegiatan pembinaan ini diharapkan dapat menyiapkan stakeholder pariwisata di wilayah Semanu khususnya dan Gunungkidul pada umumnya untuk menyambut wisatawan yang berkunjung dan memberikan pelayanan yang baik. Pembinaan ini juga diharapkan akan memajukan usaha yang mereka miliki agar semakin berkembang dan terus berinovasi untuk produk mereka.



24-04-2019 Dibaca 271 Kali