Pada hari Selasa, 23 April 2019, bertempat di Ruang Rapat Gunungsewu, Dinas Pariwisata Gunungkidul, Kepala Seksi Industri Pariwisata, Ibu Nunuk Maryati, S.IP., M.Si. menyerahkan secara simbolis sertifikat pemandu wisata umum bagi 42 orang pemandu yang tersebar di seluruh Kabupaten Gunungkidul. Penyerahan sertifikat pemandu tersebut berbarengan dengan pertemuan rutin HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) DPC Gunungkidul.

Ke–42 pemandu wisata umum tersebut merupakan peserta sertifikasi pemandu umum yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta yang diselenggarakan pada tahun 2018 lalu. Hal ini patut disyukuri, karena sertifikat merupakan bukti kompetensi yang menjamin etika dan pengetahuan yang dimiliki oleh pramuwisata. Hal tersebut mempengaruhi kualitas pelayanan kepada wisatawan yang secara langsung akan berdampak pada kenyamanan yang diterima oleh wisatawan

Perlu diketahui, bahwa sertifikasi pemandu wisata merupakan masuk bagian dari target capaian Bupati Kabupaten Gunungkidul, yang pada tahun ini dibebankan, setidaknya 20 Pemandu wisata tersertifikasi mengingat, salah satu komponen paling vital dan strategis sebagai ujung tombak dalam sektor pariwisata adalah pemandu wisata atau pramuwisata.

Dengan adanya 42 Pemandu wisata umum atau pramuwisata yang telah tersetifikasi berarti target sertifikasi profesi telah terlampuai, namun Dinas Pariwisata terus mengupayakan peningkatan kualitas dan kapabilitas pemandu wisata di Kabupaten Gunungkidul dengan melakukan berbagai pelatihan dan pembinaan hingga pendampingan sertifikasi profesi pemanduan.



23-04-2019 Dibaca 405 Kali