Perkembangan Kepariwisataan di Kabupaten Gunungkidul mengalami peningkatan setiap tahunnya. Sejauh ini terbukti pariwisata mampu menjadi lokomotif pembangunan SDM maupun infrastruktur di Kabupaten Gunungkidul. Namun, sebagai salah satu destinasi wisata yang menjadi unggulan di Daerah Istimewa Yogyakarta, Gunungkidul belum mampu menghidupkan ekosistem industri pariwisata meskipun telah banyak bermunculan usaha-usaha bidang kepariwisataan. Hal ini terbukti dengan length of stay ( Los)  wisatawan relatif belum menggemberikan karena masih berada di angka 1,44/hari atau dapat dikatakan bahwa lama tinggal wisatawan di Gunungkidul belum menyentuh hingga 2 hari.

Akan segera beropreasinya New Yogyakarta International Airport (NYIA) merupakan peluang dan sekaligus tantangan kepariwisataan Gunungkidul yang harus segera direspon. Semakin terbukanya akses wisatawan mancanegara menuju Kawasan wisata di DIY,harus di imbangi dengan kualitas penyediaan akomodasi dan usaha service lainnya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi Wisatawan.

Merespon hal tersebut, Dinas Pariwisata kembali mengadakan pertemuan dengan para pelaku dan pemilik usaha pariwisata khususnya Hotel. Acara yang berlangsung pada hari Selasa, 16 April 2019 di BegeHomestay, Wonosari dihadiri oleh pemilik usaha hotel dan penginapan di se Kabupaten Gunungkidul. Dalam pertemuan tersebut, Eli Martono, S.IP, MPP. M.Eng. Kepala Bidang Industri dan Kelembagaan Pariwisata, selaku moderator menegaskan bahwa kepercayaan wisatawan membutuhkan kualitas Industri pariwisata yang prima, dimana setiap usaha  pariwisata harus memiliki sertifikasi dan terakreditasi sehingga kepercayaan dari pasar pun akan meningkat. Dalam pertemuan tersebut, juga digali permasalahan-permasalahan yang selama ini terjadi dilapangan, seperti belum tersertifikasinya Hotel karena permasalahan pengurusan ijin yang berlarut-larut akibat perubahan status tanah, menurunnya kunjungan wisatawan yang berimbas pada tingkat hunian kamar, dan berbagai permasalahan lainnya yang menjadi bahan masukan dan evaluasi bagi Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul.

Upaya peningkatan daya saing industri pariwisata di Kabupaten Gunungkidul terus digenjot oleh Dinas Pariwisata. Kegiatan forkom Hotel dimaksudkan untuk menjalin kerjasama dan kemitraan sebagai salah satu pilar utama ekosistem Industri pariwisata selain kualitas produk wisata dan tanggungjawab terhadap lingkungan.



16-04-2019 Dibaca 452 Kali