Untuk menjalin komunikasi dan keterbukaan informasi Dinas Pariwisata mengadakan kegiatan Jumpa Pers pada tanggal 2 April 2019 di Rumah makan Warung Simbok Playen Gunungkidul. Kegiatan ini diikuti oleh anggota paguyuban wartawan wisanggeni, pejabat dinas pariwisata, panitia Gunungkidul Tourism Festival (GTF), dan panitia Fam Tour Gunungkidul. Kegiatan rutin temu wartawan ini merupakan sarana silaturahmi dan komunikasi antar Dinas dan wartawan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan terjalin kerjasama dalam pemberitaan promosi obyek wisata dan kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pariwisata maupun Pemda Gunungkidul pada umumnya. Peserta Jumpa Pers adalah Wartawan anggota Paguyuban WISANGGENI (25 org), Pejabat Dinas (5 orang), Panitia GTF, Panitia Fam Tour Eksotika

Beberapa infomasi yang disampaikan meliputi  :

Dilaporkan capaian target retribusi sampai dengan 29 Maret 2019 adalah  Rp. 3.574.050.365,00 atau 12% dari target Rp. 28.918.128.500,00. Sedangkan capaian jumlah pengunjung 504.523 orang  dari target 3.773.512 orang.

• Pada tahun 2019 ini Dinas Pariwisata bersama dengan OPD terkait menginventarisasi dan mengagendakan 36 event sebagaimana terlampir.

• Fam Tour Eksotika#2 diadakan tanggal 22 – 23 Aprl 2019, kegiatan dilaksanakan bekerjasama dengan BPPD dan Fosipa. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan langsung destinasi wisata kepada biro perjalananan se-Jawa  serta mempertemukan mereka dengan pelaku wisata GK dalam Table Top. Teknis pelaksanaan akan dijelaskan oleh panitia pelaksana.

• Gunungkidul Tourism Festival diadakan tanggal 27 April 2019 di kawasan GAP Nglanggeran . Event ini berupa rangkaian kegiatan pameran, lomba yang  akan ditutup dengan festival kuliner dan Pertunjukan musik Jazz. Tiket bisa didapatkan melalui Traveloka, Raja Karcis, Tiket TiX, dengan harga tiket 50rb & 30rb.

• Dinas Pariwisata Gunungkidul kembali mengundang putra putri terbaik Gunungkidul untuk menjadi Dimas Diajeng. Proses pemilihan dimulai dari pendaftaran peserta mulai 1 April 2019. Sosialisasi kegiatan telah dilakukan melalui roadshow ke lokais publik, ke sekolah, surat ke kecamatan dan juga melalui  mdia sosial. Target peserta 150 yang akan melalui serangkaian proses seleksi dan akan terpilih 30 finalis Dimas Diajeng 2019. Malam Grand Final akan dilaksanakan tanggal 28 September 2019.

• Pada bulan Juni akan dilaksanakan Revalidasi Gunung Sewu Unesco Global Geopark oleh tim dari UNESCO. Pada bulan Maret, progres report selama 4 tahun telah dikirimkan ke UNESCO. Pada Bulan Maret juga Prof. Ibrahim Komoo Ketua Jaringan Geopark Asia Pasific (APGN) melakukan kunjungan ke Geopark Gunung Sewu untuk melakukan assesment dan advisory trip. Beliau menyampaikan bahwa pemberdayaan masyarakat di GSUGG sudah



02-04-2019 Dibaca 622 Kali