Senin, 25 Maret 2019 Dinas Pariwisata menyelenggarakan forum komunikasi rumah makan dan restoran bertempat di Hotel The Mulyo. Acara dibuka oleh Ibu Nunuk Maryati, S.IP, M.Si selaku Kepala Seksi Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul. Hadir sebagai narasumber Bapak Erwan Sakti dari Lembaga Sertifikasi Serfitatama Semarang. Selain itu pula Pak Erwan Sakti juga merupakan seorang Cheff salah satu Hotel berbintang di Yogyakarta.

Forkom kali ini mengangkat tema pentingnya standarisasi dan sertifikasi dalam menyambut pasar bebas ASEAN. Standarisasi dan sertifikasi usaha penting dalam menyambut pasar bebas, agar pelaku jasa restoran dan rumah makan dapat saling berkolaborasi dan mampu bersaing dalam skala global sehingga Gunungkidul menjadi destinasi wisata unggulan. Dengan melakukan standarisasi dan sertifikasi usaha pariwisata juga diharapkan dapat meminimalisir dan mencegah hal-hal yang dapat merugikan pelaku usaha dan wisatawan.

Pak Erwan membuka paparannya dengan menjelaskan dasar-dasar dari undang-undang yang bersangkutan dengan usaha kepariwisataan. Hal yang harus diperhatikan dalam standar usaha pariwisata meliputi beberapa aspek. Dari segi apek dibagi lagi menjadi beberapa unsur, dan sub unsur. Untuk standar usaha restoran dibagi sesuai klasifikasi bintang, yaitu restoran bintang 3, bintang 2, bintang 1, dan non bintang.

Forum komunikasi merupakan sarana berkumpulnya pelaku usaha untuk saling berbagi ilmu, pengalaman dan unek-unek sesama pelaku usaha pariwisata. Pada kesempatan forkom kali ini ditutup dengan sesi tanya jawab.



26-03-2019 Dibaca 480 Kali