Willows in morning fog
Desa Wisata Cibuntu
Willows in morning fog
Willows in morning fog
Willows in morning fog
Willows in morning fog
Willows in morning fog
Willows in morning fog
Willows in morning fog
Willows in morning fog
Willows in morning fog

Dinas Pariwisata Gunungkidul dengan program pembinaan kelembagaan pariwisata melaksanakan kegiatan pembinaan desa wisata dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Pengelola desa wisata dan pokdarwis sebagai pelaku wisata yang berjumlah 40 orang mengikuti pembinaan selama 2 hari; 11-12 Maret 2019 dan dilanjutkan dengan orientasi lapangan di Desa Wisata Cibuntu pada tanggal 13-15 Maret 2019.

Desa wisata yang terletak di Kecamatan Pesawahan Kuningan dan berbatasan dengan kota Cirebon yaitu jarak tempuhnya kurang lebih 45 menit menjadi obyek kunjungan study komparasi peserta pembinaan desa wisata dan pokdarwis Kabupaten Gunungkidul.

Desa wisata yang dikelola oleh kelompok penggiat pariwisata (Kompepar) diketuai Bp.Rahmat serta Pembina Desa Wisata sekaligus Kepala Desa Cibuntu Bp.Awam berkenan menerima tim rombongan dari Kabupaten Gunungkidul yang dipimpin oleh Kabid. Industri dan Kelembagaan Pariwisata Eli Martono, S.IP., M.PP., M.Eng.

Daya tarik wisata berupa situs peninggalan sejarah dan budaya serta wisata alam Curug Gongseng menjadi destinasi wisata Kabupaten Kuningan.

Desa Wisata Cibuntu yang diresmikan pada tanggal 15 Desember 2012 oleh Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, S.Sos telah menorehkan prestasi dengan penghargaan nasional ke 2 tahun 2017 dan peringkat 1 lomba sapta pesona tingkat Kabupaten Kuningan tahun 2017 serta mendapat penghargaan ke 5 se-Asia untuk Homestay terbaik.

Rombongan pengelola desa wisata dan pokdarwis dalam mengikuti paket kunjungan wisata pedesaan dipandu oleh Bp.Mulyana selaku Humas dan Promosi Wisata

Kunjungan dalam rangka memberikan pemahaman dan sapta pesona sebagai unsur penting dalam pengembangan kepariwisataan akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan rakyat.

Keraton Kasepuhan Cirebon menjadi kunjungan akhir di hari ke 2 dan diterima langsung oleh kerabat kasepuhan Cirebon di kediamannya. Sebelum bertolak pulang rombongan berkesempatan mengunjungi wisata belanja terkenal di kota Cirebon.



19-03-2019 Dibaca 543 Kali