Willows in morning fog

Kelompok sadar wisata sebagai ujung tombak tuan rumah di destinasi wisata memilki peran yang sangat strategis. Pokdarwis merupakan kelompok swadaya dan swakarsa yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat dengan tujuan meningkatkan pengembangan pariwisata daerah melalui gerakan sapta pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan)

Ada 3 pokdarwis Kabupaten Gunungkidul masuk nominasi dalam lomba pokdarwis tingkat DIY tahun 2019 yaitu Pokdarwis Wonosadi, Pokdarwis Sapat Karya Kukup dan Pokdarwis Purbaselo Nawing.

Tim yang dari Dinas Pariwisata DIY dengan melibatkan Dewan Pimpinan Daerah ASITA, PHRI, dan HPI Yogyakarta serta Pemred Kedaulatan Rakyat dan penggiat pariwisata Yogyakarta.

Ir.Condroyono selaku pimpinan rombongan melakukan evaluasi Pokdarwis Purboselo Nawing Desa Salam Patuk dan Pokdarwis Wonosadi Beji Ngawen pada tanggal 8 Maret 2019 serta Pokdarwis Sapta Karya Kukup Desa Kemadang Tanjungsari pada hari Senin 18 Maret 2019.

Dalam kunjungannya tim evaluasi diterima oleh masing-masing kepala desa beserta camat dan forkompinda. Suasana di masing-masing pokdarwis disambut meriah dengan suguhan kesenian unggulan gejog lesung dan gamelan oleh anggota pokdarwis Nawing, kesenian Rinding Gumbeng, tarian Gambyong dan Bergodo Putri menyambut tim evaluasi di Wonosadi, dan senam sehati poco-poco dari Pokdarwis Kukup.   



18-03-2019 Dibaca 413 Kali