Kelompok sadar wisata (POKDARWIS) sebagai ujung tombak pelayanan pariwisata harus semakin ditingkatkan perannya dalam mendukung perkembangan pariwisata khususnya di Kabupaten Gunungkidul. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan peran dan kualitas layanan anggota Pokdarwis antara lain : Pembinaan, peningkatan kualitas SDM, studi/kunjungan ke daerah lain maupun dengan lomba/kompetisi antar pokdarwis.

Pada tahun 2019 Dinas Pariwisata DIY menyelenggarakan Lomba Pokdarwis antar Kabupaten/Kota. Masing-masing  Kabupaten/Kota mengirimkan 3 (tiga) perwakilan yang diseleksi menjadi 6 pemenang, 3 (tiga) pemenang terbaik akan mewakili DIY ke lomba tingkat Nasional. Pada tahun 2019, Kabupaten Gunungkidul diwakili Pokdarwis Wonosadi, Pokdarwis Pantai Kukup dan pokdarwis Nawing. Ketiganya merupakan pemenang I,II,III Lomba Pokdarwis Kabupaten Gunungkidul tahun 2019.

Pokdarwis Nawing yang mengangkat tema batuan purba mendapatkan giliran pertama penilaian yaitu pada Hari Jum’at, 8 Maret 2019. Sedangkan untuk Wonosadi dan Pantai Kukup akan dilaksanakan pada hari Senin ,18 Maret 2019. Penilaian terkait pelaksanaan unsur-unsur SAPTA PESONA dalam penyelenggaraan kepariwisataan meliputi: aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan.



14-03-2019 Dibaca 685 Kali