Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul pada hari Jum’at tangal 08 Maret 2019 menerima  kunjungan dari  praktisi - praktisi Politeknik Negeri Banyuwangi didampingi oleh Lembaga Training SDM Indonesia yang bertujuan untuk diskusi berkaitan dengan kegiatan desa wisata pesisir mengingat potensi pantai yang dimiliki antara daerah Gunungkidul dan Banyuwangi memiliki karakter yang  sama meskipun panjang pantai yang dimiliki Gunungkidul tidak sepanjang pantai di Banyuwangi .

Kunjungan tersebut diterima oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Hary Sukmono, ST didampingi Kepala Seksi Promosi Bidang Pemasaran Purnomo Sumardamto, S.Hut, MA. M. Eng dan Ketua Forkom Pokdarwis Gunungkidul. Pertemuan diisi dengan diskusi mengenai strategi dinas pariwisata dalam mengembangakan potensi di daerah pesisir dengan keunggulan yang dimiliki Gunungkidul meskipun panjang pantai hannya 72 KM tetapi di dalamnya ada 102 pantai yang terdata dan masih ada banyak pantai yang tersembunyi yang sebenarnya bagus juga untuk dikembangkan karena setiap pantai memiliki keunggulan dan karakter masing-masing. Ada Pantai yang bisa untuk Snorkling (Pantai sadranan), Surfing (Pantai Wediombo), Berkemah (Pantai Sanglen), bermain bersama keluarga (Pantai Sepanjang), minat khusus (Pantai timang) dan sebagainya dan 80% kunjungan wisata itu berasal dari kunjungan wisatawan ke pantai.

Pengembangan dan mempromosikan potensi pantai dilakukan Dinas Pariwisata dengan beberapa strategi, meliputi :

1. Dinas Pariwisata mengajak pelaku usaha untu berkunjung ke daerah lain guna melakukan studi banding dan dapat diterapkan untuk memajukan pariwisata di Gunungkidul.

2. Dinas Pariwisata mengadakan kegiatan Farm Tour yaitu mengundang beberapa travel, media, bloger,  youtuber dan orang yang berpengaruh dalam bidang wisata  dan medsos dengan cara memfasilitasi dan diajak mengunjungi tempat-tempat wisata di Gunungkidul dengan kemudian mereka mempublish kegiatan dan mengenalkan wisata-wisata di Gunungkidul kepada khalayak, melakukan promosi ke semua orang lewat medsos.

3.  Mengadakan event- event di wilayah Gunungkidul yang akan mengundang massa ( wisatawan ) untuk berkunjung ke Gunungkidul, event diadakan dia area obyek wisata.

4. Mengadakan kegiatan Travel Dialog ke luar daerah Gunungkidul, dengan mengajak pelaku usaha wisata dari GK dan mengundang pelaku usaha wisata di daerah yang dituju

5. Selain itu, Dinas Pariwisata juga bekerjasama dengan  dinas lain dan pihak lain dalam pengembangan potensi wisata.  Hal ini mengingat wisata di pesisir pantai masih menjadi pilihan paling tinggi wisatawan namun paling sensitif terkait isu bencana, Dinas Pariwisata disamping memetakan potensi rawan longsor di wilayah pantai dan memberikan peringatan juga berusaha mengupayakan mengembangkan wisata non pantai untuk menarik jumlah kunjungan wisatawan.

 



09-03-2019 Dibaca 519 Kali