Pada hari Rabu, 27 Februari 2019 diadakan acara Jumpa Pers Bupati Gunungkidul bersama wartawan dari bebagai media. Jumpa Pers di selenggarakan di RM. Gunung Sewu dihadiri oleh Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos , Sekertaris Daerah Gunungkidul Ir. Drajad Ruswandono, MT beserta Kepala OPD Gunungkidul. Materi yang disampaikan pada jumpa pers kali ini mengenai  capaian kinerja 3 tahun pemerintahan, salah satu yang disampaikan adalah sektor Pariwisata.

Ditetapkan tema Pembangunan Kabupaten Gunungkidul 2019 adalah berdasarkan Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 33 Tahun 2018 tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2019 adalah “ Mengoptimalkan pengembangan industri pariwisata dan peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk mewujudkan kemandirian.” Pariwisata tetap dipilih sebagai leading sektor pembangunan ekonomi di Gunungkidul, karena selama ini sektor ini mampu menggerakkan dan membangun usaha – usaha masyarakat sesuai dengan potensi daerahnya. Dengan tumbuh dan berkembangnya diberbagai sektor diharapkan akan mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Dan diharapkan angka kemiskinan akan turun dan tingkat kesejahteraan meningkat. Multiplayer effects kepada sektor lain guna meningkatkan kesejahteraan dan peningkatan pendapatan masyarakat melalui sektor pariwisata tanpa meninggalkan sektor budaya lokal akan berdampak pada pengurangan angka kemiskinan secara langsung maupun tidak langsung di Kabupaten Gunungkidul.

Hal yang berkaitan dengan pariwisata untuk kinerja 2019 diharapkan dapat meningkat secara signifikan, terutama jumlah wisatawan, dan retribusi pariwisata. Dibidang infrastruktur juga telah selesai dikerjakan maupun yang sedang digenjot percepatannya untuk mendukung pariwisata dan sektor ekonomi lainnya, seperti jalan Gading – Ngalang, jalan Tawang – Ngalang, Kepek – Ngobaran, jalur Pansela, Kelok 18, dan RSUD Saptosari.



28-02-2019 Dibaca 331 Kali