Willows in morning fog
Willows in morning fog
Willows in morning fog
Willows in morning fog
Willows in morning fog
Willows in morning fog
Willows in morning fog
Willows in morning fog

   Dalam rangka meningkatkan pelayanan jasa usaha pariwisata khususnya jasa restoran dan rumah makan, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan sosialisasi standarisasi dan sertifikasi usaha restoran dan rumah makan.Sosialisasi dilaksanakan pada hari Rabu dan Jumat, 20-22 Februari 2019 dilanjutkan dengan kunjungan Ke industri Pariwisata di Kota Semarang. Sosialisasi diawali dengan pengenalan tentang standarisasi baik usaha maupun profesi pelaku usaha dengan menghadirkan pakar pariwisata dari Lembaga Standarisasi Usaha (LSU) Hairullah Ghazali yang sekaligus praktisi standarisasi usaha yang menyampaikan tentang pentingnya usaha yang legal dan memenuhi standar serta pelaku usaha yang kompeten. Selain itu, pelayanan pariwisata juga harus ditingkatkan untuk memberikan kepuasan kepada Wisatawan dan  memberi kesan yang baik agar wisatawan dapat berkunjung kembali.

    Dalam pembinaan tersebut, untuk meningkatkan produk kuliner yang baru, peserta juga harus berinovasi dalam membuat menu baru atau pengembangan menu yang ada. .Untuk praktek pembuatan menu, Dinas Pariwisata mengajak Akademi Kesejahteraan Keluarga (AKK) Yogyakarta untuk melatih peserta membuat menu berbahan baku rumput laut Gunungkidul dan aneka olahan dari tempe yang langsung dipraktekkan pada hari kedua untuk menjadi menu khas Gunungkidul.

   Untuk lebih mengenalkan praktek rumah makan dan usaha pariwisata lainnya yang memenuhi standar,  Peserta diajak untuk melihat secara langsung praktek pengelolaan Rumah Makan di Kota Semarang yaitu ke Show Room Peralatan Masak “Sango”, Restoran Kampung Semarang dan Restoran Eling Bening.Kunjungan ini ditujukan agar para pelaku usaha Gunungkidul selalu berinovasi dan melihat perkembangan usaha wisata ditempat lain untuk kemudian diterapkan sesuai dengan kondisi Kabupaten Gunungkidul baik dalam manajemen, service/pelayanan,  promosi dan pengembangan fasilitas usaha berupa prasarana pendukung serta penyediaan spot-spot foto untuk meningkatkan daya tarik wisata.



23-02-2019 Dibaca 588 Kali