Sebagaimana diketahui bersama tujuan utama kemajuan pariwisata adalah memberikan manfaat dan kesejahteraan terhadap masyarakat disekitar obyek wisata ( atraksi wisata ).  Terkait hal tersebut Dinas Pariwisita Gunungkidul menjalankan fungsinya dengan mengadakan pembinaan usaha ekonomi kreatif terhadap masyarakat di Kecamatan Tepus. Disadari bahwa masyarakat sekitar obyek wisata merupakan faktor penting dalam perkembangan Pariwisata, pada kesempatan kali ini pembinaan berlokasi di Kecamatan Tepus. Dipilihnya lokasi ini adalah permintaan dari masyarakat dan juga dengan pertimbangan  Kecamatan Tepus  merupakan tempat yang memiliki obyek wisata pantai yang sudah dikenal dan dikunjungi oleh banyak wisatawan. Rangkaian pembinaan diadakan di RM Jogo Segoro Tepus Gunungkidul, 6 - 7 Februari 2019 kemudian dilanjutkan dengan kegiatan orientasi lapangan di Solo, pada tanggal 8 februari 2019. 

Acara dibuka pada tanggal 6 Februari 2019 oleh Kabid Pemasaran Yuni Hartini, SP, M.Si didampingi Kasi Bina Usaha Suratmiari, S.S, MIDS, M. Ec.Dev. Peserta pembinaan merupakan pelaku usaha ekonomi kreatif yang berada di wilayah Kecamatan Tepus. Mereka merupakan pelaku usaha dari berbagai bidang, meliputi kuliner dan  kerajinan ( souvenir ). Usaha Ekonomi Kreatif ditujukan kepada pelaku usaha yang mengembangkan usahanya dengan berinovasi menggunakan kreativitas. Tentunya hal ini saling berkaitan dengan kemajuan bidang pariwisata. Pada pembinaan ini disampaikan materi  mengenai strategi pemasaran produk dengan pemanfaatkan era digital, seperti promosi melalui media sosial ( Facebook, Whatssap, dan Instagram ), Pengembangan usaha melalui pinjaman bank dengan bunga kecil, serta pengembangan ekonomi kreatif di pedesaan.

Setelah mengikuti kelas dengan penyampaian materi dan sesi tanya jawab selama 2 hari , kemudian kegiatan dilanjutkan dengan orientasi lapangan di daerah Solo. Kunjungan di Desa Wisata Trangsan yang merupakan sentra kerajinan yang sudah maju dan perusahaan roti Ganep. Dipilihnya lokasi orientasi lapangan ini dengan pertimbangan agar peserta mendapatkan wawasan baru secara langsung usaha yang sudah berkembang dengan baik. Agar kemudian mereka dapat mengambil contoh yang baik mengenai managemen usaha, promosi dan inovasi untuk memajukan usahanya.



11-02-2019 Dibaca 857 Kali