Willows in morning fog
Foto 2

Untuk mendukung peran sektor pariwisata dalam  pembangunan di Kabupaten Gunungkidul, diperlukan informasi dan  data yang akurat, sebagai bahan untuk perencanaan dan pengembangan pariwisata. Untuk itu,  pada Tahun 2019 Dinas Pariwisata Kab. Gunungkidul menyelenggarakan Update Data Industri Pariwisata Kab. GUnungkidul. Update dimaksudkan untuk lebih mengetahui perkembangan industri pariwisata, sebagai evaluasi kegiatan pembinaan industri pariwisata yang telah dilakukan untuk kemudian merumuskan rencana pengembangan industri pariwisata Gunungkidul kedepan serta sebagai informasi umum bagi pihak-pihak yang berkepentingan dengan data-data perkembangan pariwisata Gunungkidul.

Adapun data industri pariwisata yang akan diperbaharui meliputi 13 Jenis Usaha Pariwisata sesuai Perda Nomor 5 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan, yaitu:

  1. daya tarik wisata,
  2. kawasan pariwisata;
  3. jasa transportasi wisata;
  4. jasa perjalanan wisata;
  5. jasa makanan dan minuman;
  6. penyediaan akomodasi;
  7. penyelenggaraan kegiatan hiburan dan rekreasi;
  8. penyelenggaraan pertemuan, perjalanan insentif, konferensi, dan pameran;
  9. jasa informasi pariwisata;
  10. jasa konsultan pariwisata;
  11. jasa pramuwisata;
  12. wisata tirta; dan
  13. solus per aqua (SPA).

 

Untuk akurasi data maka Dinas Pariwisata Kab. Gunungkidul melibatkan personel di 18 kecamatan yang lebih mengenal perkembangan industri pariwisata di masing-masing kecamatan. Update data dilaksanakan pada triwulan I Tahun 2019 dan Diharapkan pada akhir Bulan Maret dapat tersaji perkembangan industri pariwisata Kab. Gunungkidul yang akurat untuk dimanfaatkan bagi pengembangan pariwisata Gunungkidul kedepan.



04-02-2019 Dibaca 803 Kali