Dalam rangka studi banding terkait pengelolaan pariwisata alam , anggota DPRD Kab. Lombok Tengah mengadakan kunjungan ke Gunungkidul pada Hari Senin, 4 Februari 2019. Kunjungan H. Lalu Sarbini, Kamarudin, Kameran Muhali dan H. Lalu Arabiah dimaksudkan untuk pengenalan pengembangan pariwisata alam Kab. Gunungkidul yang akan menjadi referensi pengembangan pariwisata Kab. Lombok Tengah yang memiliki potensi yang hampir sama dengan Gunungkidul berupa pantai, gunung dan landscape alam lainnya.

Kunjungan diterima Kasi Kelembagaan Dispar Gunungkidul, Sudjarwono,SH yang menjelaskan terkait dengan  pengembangan wisata Gunungkidul yang melibatkan peran masyarakat untuk turut serta dalam kegiatan kepariwisataan yang terlihat dengan berkembangnya desa-desa wisata seperti Nglanggeran, Bleberan dan lain-lain. Keterlibatan masyarakat setempat dimaksudkan agar dampak pariwisata dirasakan langsung oleh masyarakat melalui kegiatan-kegiatan pemanduan, penyediaan kuliner, homestay dan profesi wisata lainnya. Disamping itu agar masyarakat mempunyai rasa memiliki dan bertanggung jawab terhadap keberlangsungan destinasi wisata yang ada diwilayahnya.

Untuk lebih mengetahui keberhasilan pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan pariwisata, DPRD Kab. Lombok Tengah juga mengunjungi obyek wisata Nglanggeran untuk bertemu dengan Pengurus Kelompok Sadar WIsata (POKDARWIS) setempat untuk mengetahui lebih detail awal mula peran masyarakat dalam pengembangan pariwisata hingga berkembang sampai saat ini.  Disamping itu, Tim juga akan mengunjungi Goa Pindul  sebagai salah satu destinasi wisata yang menawarkan wisata pengalaman susur goa sebagai referensi pengembangan wisata pengalaman/wisatawan terlibat dalam kegiatan kepariwisataan di Lombok Tengah, disesuaikan dengan potensi destinasi wisata yang ada.



04-02-2019 Dibaca 553 Kali