Sektor Pariwisata di Kabupaten Gunungkidul memiliki peran yang sangat penting dan strategis, yang diharapkan mampu mendukung  perkembangan pembangunan daerah khususnya dalam pengembangan pendapatan,  pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir sektor ini telah mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memperluas lapangan pekerjaan, memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah. Hal ini sejalan dengan visi Bupati 2016-2021 bahwa “Gunungkidul sebagai Daerah  Tujuan Wisata yang terkemuka dan berbudaya menuju masyarakat yang berdaya saing, maju dan mandiri” .

       Keberhasilan Gunungkidul dalam mengembangkan sektor pariwisata ternyata menarik bagi daerah lain untuk belajar ke Gunungkidul, salah satunya dari DPRD Kab. Bangka, Propinsi Bangka Belitung. Sebagaimana diungkapkan pimpinan Komisi II DPRD Bangka, Ibu Imelda dalam kunjungan ke Dinas Pariwisata Kab. Gunungkidul pada Hari Rabu, 23 Januari 2019, bahwa keberhasilan Gunungkidul dalam pengembangan pariwisata terbukti mampu menghapus citra negatif yang dulu tandus dan gersang menjadi citra positif yang terkenal dengan pariwisatanya. Kedatangan pimpinan dan anggota Komisi II DPRD Kab. Bangka, dalam rangka  sharing pengalaman mengenai peran serta pemerintah dalam dalam pengembangan pariwisata di Gunungkidul, untuk kemudian bisa diterapkan dalam pengembangan daerah di Kab. Bangka.

Kedatangan DPRD Kab. Bangka, diterima Sekretaris Dinas Pariwisata Kab. Gunungkidul, A. Hary Sukmono,ST.. Dalam paparannya, A.Hary Sukmono menyampaikan  terkait keberhasilan pengembangan pariwisata Gunungkidul  tidak terlepas dari potensi yang dimiliki berupa potensi alam berupa pantai, goa, gunung, bukit dan sungai, potensi seni budaya yang hidup dan berkembang di masyarakat dan potensi wisata buatan.  Potensi lain yang juga menentukan adalah potensi  sumber daya manusia (SDM) sebagai modal sosial berupa keramah tamahan, etos kerja/semangat kerja yang tinggi serta kegotongroyongan  masyarakat. Semuanya  adalah modal bagi Gunungkidul untuk berkembang menjadi daerah yang unggul.

Untuk memastikan arah pengembangan pariwisata Gunungkidul, juga telah ditetapkan Perda no. 3/2014 tentang Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan Daerah Kabupaten Gunungkidul 2014-2025 dan Perda 5/2013 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan dan produk turunannya yang mengatur peran serta pemerintah, swasta dan masyarakat dalam pengembangan pariwisata daerah.



23-01-2019 Dibaca 769 Kali