Pada tanggal 22 Januari 2019 diadakan Sosialisasi Tanda Daftar Usaha Pariwisata, pelaksana kegiatan ini dari Bidang Pemasaran dan Bina Usaha Dinas Pariwisata Gunungkidul. Peserta sosialisasi terdiri dari pokdarwis serta  pemilik usaha pariwisata yang berada di wilayah Kecamatan Semanu. Sekertaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono, ST membuka acara dan memberikan sambutannya mewakili Kepala Dinas Pariwisata. Beliau menyampaikan sosialisasi ini diadakan untuk mengenalkan prosedur pendaftaran izin  usaha pariwisata dengan sistem baru yaitu  sistem OSS ( Single Online Submission ). OSS yang pelaksanaannya diatur dalam PP Nomor 24 Tahun 2018, merupakan upaya pemerintah dalam menyederhanakan perizinan berusaha dan menciptakan model pelayanan perizinan terintegrasi yang cepat dan murah, serta memberi kepastian.

Narasumber yang memaparkan mengenai tata cara pendaftaran perijinan dan pengoperasian Sistem OSS yang dalam hal ini Usaha Pariwisata dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kab. Gunungkidul. Materi disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan dan Perijinan Asih Triwahyuni, SSTP, M.Si dari DPMPT. Peserta diberikan penjelasan dan alur pendaftaran izin usaha yang akan didaftarkan, agar kedepan lebih jelas dan tahu dengan sistem baru yang diberlakukan. Pendaftaran secara online dengan membuka situs OSS juga di simulasikan pada saat pembinaan. Pada kesempatan ini juga buka sesi tanya jawab  bagi peserta yang ingin mendapatkan info lebih detail.

Dinas Pariwisata dan DPMPT juga terbuka bagi masyarakat yang akan mendaftarkan izin usaha mereka, akan dibantu dan di berikan penjelasan apaila ada hal – hal yang belum dimengerti. Pelayanan dibuka pada hari kerja yaitu senin sampai dengan jumat.



22-01-2019 Dibaca 848 Kali