Kunjungan Prof. Guy Martini selaku  General Secretary of the Global Geopark Network and chair person of the Unesco Global Geopark Council dalam proses persiapan Revalidasi Gunungsewu sebagai Unesco Globla Geopark dilaksanakan selama 2 hari. 

  1. Hari pertama pelaksanaan revalidasi diawali dengan presentasi progress pengelolaan geopark dari awal memperoleh serifikat UGG sampai sekarang. Dalam presentasi ini dokumen-dokumen pendukung harus disiapkan dan dipilah per-chapter sesuai dengan chapter pada presentasi sebagai bukti pendukung progres yang di sajikan dalam presentasi.
  2. Waktu untuk meeting hari pertama disediakan selama 1,5 jam sehingga acara-acara seremonial harus dikurangi.
  3. Hari ke- 2  sampai  hari ke- 4 field trip. Jika perjalanan lebih dari satu jam antara satu geosite ke geosite lain harus ada waktu untuk berhenti di suatu tempat yang sebaiknya merupakan mitra/partnership dari geopark ( rumah makan, café, kerajinan dll). Yang perlu menjadi perhatian bagi kita adalah agar partnership tempat evaluator berhenti harus mengerti dan mampu menjelaskan tentang Gunung Sewu UGG dan harus menyampaikan rasa bangga mereka menjadi mitra dari Gunung Sewu UGG.
  4. Tunjukkan sebanyak mungkin geosite kepada evaluator, jangan menghabiskan waktu terlalu lama di suatu geosite, tidak perlu ada acara seremonial, penyambutan resmi disetiap geosite. Tim penerima harus bisa memilah/membedakan kapan saatnya untuk bersikap serius kapan saatnya untuk bisa bersikap santai. Intinya para evaluator tersebut datang ke Gunung Sewu untuk melaksanakan tugas, bukan untuk berwisata.
  5. Agar memperhatikan keamanan dan keselamatan evaluator. Jangan melakukan aktivitas-aktivitas yang ekstrim.
  6. Selesai melakukan evaluasi setiap harinya beri waktu pada evaluator sedikitnya 1 jam untuk berada di kamar masing-masing sebelum mengajak mereka untuk makan malam.
  7. Jadwal harus Fixed dan dikirim pada evaluator paling lambat satu bulan sebelum Revalidasi dilaksanakan.
  8. Kebijakan dalam geopark produk:
  1. Pilih kurang lebih 10 geopark produk, buat agreement dengan produser dengan kriteria-kriteria yang ditentukan oleh tim geopark.
  2. Logo harus ditempelkan pada geopark produk, tetapi logo yang dipergunakan adalah logo lokal BUKAN logo Gunung Sewu UGG.
  3. Produsen geopark produk harus mampu menjelaskan tentang Gunung Sewu UGG dan menyatakan pada evaluator bahwa mereka merasa bangga menjadi bagian dari Gunun Sewu UGG.

 

 



27-12-2018 Dibaca 541 Kali