Willows in morning fog
Kepala Dinas Pariwisata Kab.Gunungkidul Saryanto,ST
Willows in morning fog
Sekretaris Dinas Pariwisata Kab.Gunungkidul A.Hary Sukmono, ST
Willows in morning fog
Kabid.Industri Kelembagaan Pariwisata Gunungkidul Eli Martono, S.IP, M.PP, M.Eng
Willows in morning fog
Willows in morning fog
coba
Willows in morning fog
coba

Antusias masyarakat dan desa di Kab. Gunungkidul cukup tinggi merespon perkembangan pariwisata di Kabupaten Gunungkidul. Hal ini terlihat dari keinginan masyarakat melalui perencanaan kegiatan dari dusun, desa dan kecamatan Patuk ditahun 2016 untuk kemudian dilaksanakan Dinas Pariwisata pada tahun 2017 melalui kegiatan PIWK (Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan).

Pembinaan desa wisata dilaksanakan Bulan Juli s.d. Oktober 2017. Sampai dengan pertengahan Bulan Septemper, telah dilakukan pembinaan di 5 desa dari 10 desa wisata Kecamatan Patuk, yaitu: Semoyo, Nawing, Gogorpark Salam, Banyunibo Batur, Watujoglo kepil. Sisanya akan dilakukan di akhir Bulan September dan Oktober yaitu di Kampung mas Plumbungan, Jelok, Mangol Kencono, Gembyong dan  Beji.

Tujuan pembinaan desa wisata adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pelaku usaha dan meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait upaya pengembangan, pemasaran, kelembagaan dan pengemasan paket wisata pedesaan yang diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan. Melalui pembinaan ini, perkembangan desa-desa wisata di kawasan Patuk diharapkan tumbuh semakin cepat sejalan dengan desa wisata Bobung dan Nglanggeran yang telah lebih dulu berkembang.

Para narasumber yang hadir dalam pembinaan desa wisata, selain dari Dinas Pariwisata Gunungkidul terkait kebijakan pengembangan pariwisata, Kelembagaan Pariwisata, Sadar Wisata dan Sapta Pesona, juga menghadirkan para akademisi kepariwisataan dari Puspar UGM, P3Par Univ. Sanata Dharma, STIE “API”  dan praktisi pariwisata.



15-09-2017 Dibaca 494 Kali