Willows in morning fog
Willows in morning fog
Willows in morning fog

Kunjungan delegasi Pengelola Gunung Sewu UNESCO Global Geopark Kabupaten Gunungkidul ke Kabupaten Merangin Provinsi Jambi pada 24 – 26 April 2018 lalu berjalan sukses. Rombongan berjumlah 29 orang yang terdiri dari latar belakang dan posisi yang berbeda dalam pengelolaan geopark, dari mulai pegawai dinas pariwisata, kepala desa, pengelola lokal kawasan wisata, dan pegiat pariwisata.

Dalam kunjunganya di hari pertama ke Museum Taman Bumi atau yang di kenal Geopark Nasional Merangin Jambi, delegasi Kab.Gunungkidul diterima oleh Kepala UPTD Geopark Merangin Disparpora MARYADIE yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai sejarah Geopark oleh pengelola Museum Geopark Merangin. Setelah diskusi singkat para peserta pun melanjutkan perjalanan mengunjungi langsung objek wisata alam Geopark Merangin yang berada di sisi aliran Sungai Batang Merangin, Desa Air Batu, Kabupaten Merangin. Di kawasan yang merupakan lokasi geologi yang menyimpan banyak sekali fosil purbakala, ini peserta delegasi mencoba wisata arum jeram.

Kunjungan di hari kedua di jambi sebelum delegasi bertolak pulang di akhiri dengan kunjungan ke Taman Batu Sungkai Merangin dan Waduk Betuk. Kunjungan ini, selain untuk ajang silaturahim antara dua pengelola geopark, juga mengharapkan adanya oleh-oleh pembelajaran dari keduabelah pihak demi kemajuan geopark bersama.



20-05-2018 Dibaca 142 Kali