Willows in morning fog
Foto Goa Cokro
Willows in morning fog
Foto Goa Cokro

Dalam rangka mempererat silaturahmi Dinas Pariwisata dengan Insan Pers yang bertugas di Gunungkidul, pada tanggal 30 April 2018 di isi dengan explore potensi wisata di Desa Umbulrejo Ponjong. Explore dimulai dari goa cokro yang terletak di Dusun Blimbing, Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong.  Goa cokro memiliki stalagtit dan stalagmit aktif yang terbentuk secara alami dan menjadi ornament yang  apik dan unik . Di dalam Goa pada jam 11 – 12  juga akan ditemui cahaya yang menembus ke dasar goa. Momen indah masuknya cahaya ini dikenal dengan cahaya surge.

Berdasarkan keterangan dari ketua Desa Wisata Umbulrejo, Nugroho Catur Wasono , Pintu goa cokro terbentuk dari reruntuhan atap goa. Pintu ini menjadi jalan masuk vertical satu – satunya untuk memasuki area goa dengan Kedalaman Goa sekitar 18 meter. Pengunjung yang ingin masuk ke dasar goa, akan dibantu oleh pemandu dari Pokdarwis Goa Cokro. Perlengkapan susur goa seperti pakaian, helm, sepatu disediakan oleh pengelola.

Turut hadir dalam acara yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Gunungkidul yaitu Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Asti Wijayanti dan Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi. Bapak Immawan Wahyudi juga ikut berpartisipasi susur  Goa Cokro dan menikmati keelokannya. Harapan dari wakil Bupati Gunungkidul agar goa cokro menjadi destinasi wisata untuk konservasi. Sehingga perlu adanya pembatasan wisatawan dan menimbulkan kesadaran wisatawan agar tidak melakukan tindakan pengrusakan di dalam goa. Kegiatan ini diharapkan akan menambah informasi dan referensi masyarakat tentang adanya keindahan alam lain di sisi timur Gunungkidul. 



20-05-2018 Dibaca 227 Kali